cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan
ISSN : -     EISSN : 26158574     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
JAMP : Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan [e-ISSN 2615-8574] was first published in 2018 by the Department of Educational Administration Faculty of Education State University of Malang. Published four times a year, March, June, September, and December. We accept research articles within the scope of the study of educational administration and educational management.
Arjuna Subject : -
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 1 (2018): Volume 1 No 1 Maret 2018" : 15 Documents clear
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR MOTIVASIONAL PESERTA DIDIK SMA DALAM MENGIKUTI BIMBINGAN BELAJAR DI LUAR SEKOLAH Nur Amaliyah Hanum; Djum Djum Noor Benty; Ahmad Yusuf Sobri
JAMP : Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan Vol 1, No 1 (2018): Volume 1 No 1 Maret 2018
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (355.21 KB) | DOI: 10.17977/um027v1i12018p61

Abstract

Abstract: The Analysis of Motivational Factors of High School Students in Attending Course Institutions at Malang City. The purpose of this research is to find new factors, to know the contribution level of each factor, and to find the most dominant factor of high school students in attending course institutions at Malang City. This research uses quantitative approach with descriptive exploratory research design. The research found that there were 9 new factors that is: (a) assessment factor, (b) recognition factor, (c) punishment factor, (d) ability factor, (e) success factor, (f) ridicule factor, (g) social needs factor, (h) appreciation factor, and (i) competition factor. Keywords: motivation of high school students, attending course institutions at Malang CityAbstrak: Tujuan penelitian ini untuk menemukan faktor-faktor baru, mengetahui tingkat kontribusi masing-masing faktor, dan menemukan faktor yang paling dominan pada peserta didik SMA dalam mengikuti bimbingan belajar di luar sekolah Se-Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian bersifat deskriptif eksploratori. Hasil penelitian menemukan bahwa terdapat 9 faktor baru yaitu: (a) faktor penilaian, (b) faktor pengakuan, (c) faktor hukuman, (d) faktor kemampuan, (e) faktor keberhasilan, (f) faktor ejekan, (g) faktor kebutuhan sosial, (h) faktor penghargaan, dan (i) faktor persaingan. Kata kunci: motivasi peserta didik SMA, mengikuti bimbingan belajar di luar sekolah
HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KOPERASI MAHASISWA DAN KEPUASAN ANGGOTA KOPERASI MAHASISWA Priska Ardiana Adi Lutvita; Maisyaroh Maisyaroh; Juharyanto Juharyanto
JAMP : Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan Vol 1, No 1 (2018): Volume 1 No 1 Maret 2018
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (349.728 KB) | DOI: 10.17977/um027v1i12018p107

Abstract

Boone, L.E., dan David L. Kurtz. 1995. 8th Ed., Contemporary Marketing Plus. Texas: Dryden Press. JPNN.com, 2016 JPNN.com. 2016. Kemenkop Dorong Koperasi Mahasiswa jadi Basis Kewirausahaan, (Online), (http://Kemenkop Dorong Koperasi Mahasiswa jadi Basis-JPNN.com.htm), diakses 9 Maret 2016. Kotler, P. 2002. Manajemen Pemasaran. Edisi Milenium 1. Terjemahan oleh Hendra Teguh. 2002. Jakarta: Prenhallindo.    Parasuraman, Zeithaml, V. A & Berry. 2002.  Delivering Service Quality. New York: Mc Milan. p.21. Sari, R. P. 2013. Pengaruh Kualitas Pelayanan Sekolah terhadap Kepuasan Peserta Didik dan Orangtua Peserta Didik di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri se Kota Malang. Skripsi Tidak Diterbitkan. Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Suryana,Y & Bayu, K. 2011.  Kewirausahaan: Pendekatan Karakteristik Wirausahawan Sukses. Cetakan 2. Jakarta: Kencana. Tjiptono, F. 2002. Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andi Offset. Tjiptono, F. 2004. Strategi Pemasaran. Edisi Kedua. Yogyakarta: Andi Offset Undang-Undang Nomor 25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian
ANALISIS TINGKAT KUALITAS LAYANAN REGISTRASI ADMINISTRASI Atanasius Cahyadi Ngelon; Burhanuddin Burhanuddin; Wildan Zulkarnain
JAMP : Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan Vol 1, No 1 (2018): Volume 1 No 1 Maret 2018
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (355.223 KB) | DOI: 10.17977/um027v1i12018p29

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian adalah: untuk mengetahui seberapa tinggi tingkat kualitas layanan registrasi administrasi di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Adapun kualitas jasa yang diberikan ditentukan oleh faktor-faktor berikut, yaitu: Kehandalan, Daya Tanggap, Jaminan, Empati, dan Bukti Fisik. Metode penelitian adalah: menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain deskriptif eksploratori. Pemilihan anggota sampel menggunakan teknik random sampling. Hasil penelitian adalah: Kualitas layanan registrasi administrasi di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang berada pada tingkat atau kategori tinggi. Selain itu, hasil pengukuran kelima faktor kualitas layanan juga masing-masing berada pada kategori tinggi. Kata Kunci:Kualitas Layanan, Layanan Registrasi Administrasi.Abstract: The purpose of the study is: to find out how high the level of quality of administrative registration services in the Faculty of Education Sciences State University of Malang. The quality of services provided is determined by the following factors, namely: Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy, and Physical Evidence. The research method is: using a quantitative approach with descriptive exploratory design. Selection of sample members using random sampling technique. The results of research are: The quality of administrative registration service in the Faculty of Education Science State University of Malang is at a level or high category. In addition, the results of the measurement of the five factors of service quality are also each in the high category.  Key Word:Service Quality, Administrative Registration Services.
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR MOTIVASIONAL GURU TETAP YAYASAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH Ika Yuliana; Maisyaroh Maisyaroh; Ahmad Nurabadi
JAMP : Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan Vol 1, No 1 (2018): Volume 1 No 1 Maret 2018
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (336.026 KB) | DOI: 10.17977/um027v1i12018p70

Abstract

Abstract: Analysis of Motivational Factors of Teachers in Private Islamic Elementary School Malang. This study is intended for describing the contribution of each motivational factor which drive GTY and GTY’s intrinsic and extrinsic motivation levels. This is a quantitative study which specifically deploys descriptive and explanatory framework. The results of the study indicates that (1) intrinsic motivation: responsibility factor, belief factor, and demands factor are all categorized into high level. (2) extrinsic motivation: social interaction factor, compensation factor, and credit-given factor are categorized into average level, and that occupational environment factor is categorized into high level.Keywords: factors analysis, motivation, teachers. Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kontribusi masing-masing faktor-faktor motivasional yang mendorong GTY dan Tingkat motivasi intrinsik dan ekstrinsik GTY. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan deskriptif dan eksploratori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) motivasi intrinsik: faktor tangggung jawab dalam kategori tinggi, faktor keyakinan dalam kategori tinggi dan faktor kebutuhan-kebutuhan dalam kategori tinggi. (2) motivasi ekstrinsik: faktor interaksi sosial dalam kategori sedang,  faktor kompensasi dalam kategori sedang, faktor lingkungan kerja dalam kategori tinggi dan faktor penghargaan dalam kategori sedang.Kata kunci: analisis faktor, motivasi, Guru Tetap Yayasan.
KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI MASYARAKAT Nova Syafira Ariyanti; Ahmad Yusuf Sobri; Desi Eri Kusumaningrum
JAMP : Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan Vol 1, No 1 (2018): Volume 1 No 1 Maret 2018
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (347.126 KB) | DOI: 10.17977/um027v1i12018p1

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) strategi kepala sekolah dalam membangun hubungan sekolah dengan masyarakat meliputi komunikasi dengan masyarakat, membangun mitra kerjasama dan keterbukaan informasi, (2) penyusunan program hubungan sekolah dengan masyarakat melibatkan kepala sekolah, guru, dan karyawan/TU yang kemudian disetujui oleh komite sekolah, (3) kendala yang dihadapi sekolah dalam mengembangkan hubungan masyarakat yakni masyarakat dan orang tua yang pasif, kesibukan dari masing-masing pihak, latar belakang perekonomian dan guru kurang akrab, dan (4) upaya kepala sekolah dalam mengembangkan partisipasi masyarakat yakni, komunikasi dengan komite sekolah, masyarakat, orang tua dan paguyuban kelas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan rancangan penelitian multisitus.
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR MOTIVASI MAHASISWA MENGIKUTI ORGANISASI KEMAHASISWAAN Hanto Nugroho; Djum Djum Noor Benty; Juharyanto Juharyanto
JAMP : Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan Vol 1, No 1 (2018): Volume 1 No 1 Maret 2018
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (422.93 KB) | DOI: 10.17977/um027v1i12018p117

Abstract

Anam, K. 2006. Hubungan Persepsi dan Minat Berorganisasi dengan Partisipasi Berorganisasi Mahasiswa. Jurnal Manajemen Pendidikan, 19 (1): 61-75.Fajrina, A. D. dan Rosiana, D. 2014. Hubungan Flow dengan Psychological Well-Being Mahasiswa Psikologi Unisba yang Aktif Organisasi. (Online), (http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/dowload/1292/pdf), diakses pada 11 Januari 2017.Hamalik, O. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.Keputusan Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan Tahun 2017 tentang Struktur Kepengurusan Organisasi Kemahasiswaan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. 2017. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan UM.Peraturan Rektor Universitas Negeri Malang Nomor 13/Kep/UN32/KM/2012 tentang Pedoman Organisasi Kemahasiswaan Universitas Negeri Malang. 2012. (Online), (http://kemahasiswaan.um.ac.id/wp-content/uploads/2013/05/SK-ORMAWA-2012-Final-TDD-File-Rektor.rtf), diakses 22 Februari 2016.Robbins, S. P. 1994. Teori Organisasi: Struktur, Desain & Aplikasi. Terjemahan Jusuf Udaya. Jakarta: Arcan.Robbins, S. P. dan Timothy, A. J. 2008. Perilaku Organisasi. Terjemahan Diana Angelica. Jakarta: Salemba Empat.Sardiman, A. M. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.Setyadin, B. 2005. Modul 2a Reduksi Data Melalui Analisis Faktor Eksploratori. Malang: Lembaga Penelitian Universitas Negeri Malang.Setyadin, B. 2005. Modul I: Dasar-Dasar Penelitian Ilmiah. Malang: Lembaga Penelitian Universitas Negeri Malang.Shaleh, A. R. 2008. Psikologi: Suatu Pengantar dalam Perspektif Islam. Jakarta: Kencana.Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.Thobroni, M. dan Mustofa, A. Belajar dan Pembelajaran: Pengembangan Wacana dan Praktik Pembelajaran dalam Pembangunan Nasional. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2013. Bandung: Citra Umbara.Wiyono, B. B. 2007. Metodologi Penelitian (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan Action Research) (Burhannuddin, Ed.). Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.
EFEKTIVITAS KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN HUBUNGANNYA DENGAN KINERJA GURU Atikka Ayu Yulisetyawati; Burhanuddin Burhanuddin; Wildan Zulkarnain
JAMP : Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan Vol 1, No 1 (2018): Volume 1 No 1 Maret 2018
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (368.093 KB) | DOI: 10.17977/um027v1i12018p37

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas kepemimpinan kepala sekolah dan hubungannya dengan kinerja guu di SMP se-Kecamatan Wonokromo Kota Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan rancangan deskriptif korelasional. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan data yang terkumpul dianalisis dengan teknik descriptive statistic. Hasil penelitian menunjukkan tidak ada hubungan signifikan antara efektivitas kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja guru. Hal ini menunjukkan adanya faktor lain yang menetukkan /berpengaruh langsung terhadap aspek kinerja guru. Kepala sekolah perlu meningkatkan kemampuan kepemimpinannya dan para guru diharapkan meningkatkan kinerja.Kata kunci: Efektivitas Kepemimpinan, Kinerja GuruAbstract: This study aims to investigate the effectiveness of principal  leadership and its relationship with techer performance at Junior High School in Wonokromo Surabaya. This  is a quantitative research using a correlational design. Data collection techniques used questionnaires and data were analyzed using descriptive statistic technique. Results shows no significant relationship between principal leadership effectiveness and teacher performance. This indicates that there are other factors may directly affect the teacher performance. Principals need to improve their leadership skills and teachers are expected to improve their performance.Keywords: Leadership Effectiveness, Teacher Performance
HUBUNGAN KOMPETENSI DAN MOTIVASI KERJA DENGAN KINERJA TENAGA ADMINISTRASI SEKOLAH Rossa Valentina; Maisyaroh Maisyaroh; Desi Eri Kusumaningrum
JAMP : Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan Vol 1, No 1 (2018): Volume 1 No 1 Maret 2018
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (352.106 KB) | DOI: 10.17977/um027v1i12018p79

Abstract

Abstract: The research is done to describe the level of competency of school administrative staff, describe the level of work motivation of school administrative staff, describe the level of performance of school administrative staff, and understand the connection of competency and work motivation with the performance of the school administrative staff. The approach of this study is quantitative that is correlation descriptive research with 111 respondents. As forcollecting data is questionnaire. The results of the research show that the competency of school administrative staff is high, the work motivation of school administrative staff is high, the performance of school administrative staff is high, and there is a relationship of competency and work motivation with performance of school administrative staff. Keywords: competency, work motivation, performance Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan tingkat kompetensi tenaga administrasi sekolah, mendeskripsikan tingkat motivasi kerja tenaga administrasi sekolah, mendeskripsikan tingkat kinerja tenaga administrasi sekolah, serta mengetahui hubungan kompetensi dan motivasi kerja dengan kinerja tenaga administrasi sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan deskriptif korelasional, dengan 111 orang responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi tenaga administrasi sekolah tergolong tinggi, motivasi kerja tenaga administrasi sekolah tergolong tinggi, kinerja tenaga administrasi sekolah tergolong tinggi, dan terdapat hubungan kompetensi dan motivasi kerja dengan kinerja tenaga administrasi sekolah. Kata Kunci: kompetensi, motivasi kerja, kinerja
HUBUNGAN KUALITAS KOMPETENSI, BUDAYA ORGANISASI DAN MOTIVASI KERJA DENGAN PELAYANAN PRIMA TENAGA ADMINISTRASI SEKOLAH Zakiyatul Ummah; Achmad Supriyanto; Sultoni Sultoni
JAMP : Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan Vol 1, No 1 (2018): Volume 1 No 1 Maret 2018
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (688.406 KB) | DOI: 10.17977/um027v1i12018p7

Abstract

Abstract : The purpose of this study is to know the relationship of quality competence, organizational culture and work motivation with excellent service TAS. This research is a descriptive correlational research. The population of this study is TAS while for sampling using proportional random sampling. Data analysis used is descriptive analysis technique and double correlation. The result of the research shows that there is a significant correlation between competence quality and excellent service, there is significant correlation between organizational culture and excellent service, there is significant relation of work motivation and excellent service, there is significant correlation of competence quality, organizational culture and work motivation with excellent service TAS.Keyword : Quality of competence, organizational culture, work motivation, excellent service
LATAR MINAT & ANIMO PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN 4 TAHUN Hilda Novia Utomo; Imron Arifin; Agus Timan
JAMP : Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan Vol 1, No 1 (2018): Volume 1 No 1 Maret 2018
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (372.933 KB) | DOI: 10.17977/um027v1i12018p45

Abstract

Adanya sekolah kejuruan yang masa belajarnya 4 tahun berguna untuk mempersiapkan dengan matang peserta didik yang akan langsung bekerja di sebuah Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI) dengan lama prakerin 6-10 bulan. SMK Ngeri 5 Surabaya merupakan satu-satunya SMK yang menjalankan program masa belajar 4 tahun di Jawa Timur. Peserta didik yang memilih SMK Negeri 5 Surabaya ini sudah mengetahui jika masa belajar di sekolah ini selama 4 tahun. Peserta didik mendapatkan pengalaman dan pengetahuan yang lebih luas daripada sekolah 3 tahun, selain itu dijelaskan bahwa nantinya lulusan sekolah ini akan dicarikan tempat bekerja oleh sekolah dan dapat langsung bekerja setelah melaksanakan prakerin jika perusahaan menyukai kinerjanya. Oleh karena itulah yang menarik minat peserta didik pada sekolah ini dan animo peserta didik yang mendaftar setiap tahunnya mengalami kenaikan.

Page 1 of 2 | Total Record : 15